UNU Jogja Gelar Wisuda 210 Sarjana, Cetak Sebanyak Mungkin Kader Profesional

  • 10 Desember 2022
  • Editor UNU
  • Berita
UNU Jogja Gelar Wisuda 210 Sarjana, <strong><em>Cetak Sebanyak Mungkin Kader Profesional</em></strong>

Yogyakarta, 12 Desember 2022 –  Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta meluluskan 210 orang dalam gelaran wisuda program sarjana 2022, di Hotel Sahid Raya, Yogyakarta, Sabtu  (10/12). Agenda wisuda kali ini merupakan wisuda kedua UNU Yogyakarta sejak kampus ini berdiri pada 2017.

Sebanyak 210 sarjana tersebut merupakan lulusan dari 11 program studi. Antara lain prodi Informatika 14 orang, Teknik Komputer (9), Teknik Elektro (9), Teknologi Hasil Pertanian (10), Agribisnis (28) Farmasi (22), Manajemen (22), Akuntansi (28), Pendidikan Guru SD (30), Pendidikan Bahasa Inggris (11), dan Studi Islam Interdisipliner (27).   

Dalam laporan wisuda, Plt Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNU Jogja, Abdul Ghoffar, mengatakan, dari 210 wisuda tersebut, 143 orang lulus cumlaude. “Sementara 59 wisudawan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan 8 wisudawan dengan predikat memuaskan,” katanya.

Wisudawan terbaik diraih atas nama Nurhaeni dari Prodi PGSD dengan IPK 3,97. Sedangkan lulusan terbaik adalah Dewi Masitoh (Agribisnis, 3,96), Rendi Maulana (Studi Islam Interdisipliner, 3,95), Intan Safitri Sejati (Akuntansi 3,93), Marissa Azzahro (Teknik Komputer, 3,91), dan Siti Mudrikatul Faizah (Manajemen, 3,90).

Selain itu, ada Hilyatul Bahiyyah (Pendidikan Bahasa Inggris 3,87), Miftahul Hudha (Teknik elektro, 3,85), Krisnawati (Farmasi, 3,82), Rahmatun Nazila (Teknik Informatika, 3,81), dan Qonaah Zuhriyah (Teknologi Hasil Pertanian, 3,61). Adapun wisudawan yang lulus tercepat adalah Qoni Atu Zahro dari Prodi Agribisnis. Qoni lulus dengan IPK 3,8 dalam waktu 3 tahun 9 bulan.

Saat satu per satu wisudawan dipanggil, suasana haru dan bahagia menyelimuti lokasi wisuda. Momen haru makin memuncak saat keluarga dari lulusan yang telah meninggal, Kharis Yogi, dari Prodi Informatika, disebut untuk menerima ijazah almarhum.

Namun, sebagai kampus NU, prosesi wisuda UNU Jogja memiliki keunikan tersendiri. Sepanjang wisuda, lantunan shalawat terus mengalun. Penampilan kelompok hadrah juga menyambut wisudawan dan orang tua. Lebih unik lagi, setiap wisudawan menulis sepucuk surat berisi ungkapan terima kasih kepada orang tua. Namun bukan diberikan pada orang tua sendiri, surat yang sebelumnya disiapkan tersebut dibaca oleh keluarga wisudawan yang lain.

Dalam momen wisuda ini, Rektor UNU Jogja Widya Priyahita Pudjibudojo memimpin para wisudawan untuk berterima kasih ke orang tua dan mengajak mereka membungkukkan badan memberi penghormatan terbaik. “Hari ini kalian, para wisudawan, memperoleh satu privilese baru yaitu menyandang gelar sarjana. Kalian menjadi bagian dari 8% penduduk Indonesia yang berhasil menempuh pendidikan tinggi. Di balik privilege selalu ada tanggung jawab besar. Jadilah sarjana yang bernilai dengan sebesar-besarnya membawa manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Berita Terkait

UNU Yogyakarta Bersama RMI D.I Yogyakarta Dukung Program Merdeka Sampah di Lingkungan Pesantren
  • Editor UNU
  • 14 Juni 2024

UNU Yogyakarta Bersama RMI D.I Yogyakarta Dukung Program Merdeka Sampah di Lingkungan Pesantren

Dewasa ini sampah menjadi permasalah pelik di wilayah D.I Yogyakarta. Melihat itu UNU...

Mahasiswa Prodi Agribisnis Ikuti Workhop bersama CEO Pasar Sayoor Syaroful Azka
  • Editor UNU
  • 13 Juni 2024

Mahasiswa Prodi Agribisnis Ikuti Workhop bersama CEO Pasar Sayoor Syaroful Azka

Mahasiswa program studi Agribisnis Fakultas Industri Halal mengikuti Workshop Business Plan dengan Crafting...

UNU Jogja bersama BRIN Gelar Seminar, Tingkatkan Kerjasama Publikasi
  • Editor UNU
  • 12 Juni 2024

UNU Jogja bersama BRIN Gelar Seminar, Tingkatkan Kerjasama Publikasi

Lembaga Penelitian Pengabdian dan Pengembangan kepada Masyarakat (LP3M) UNU Jogja bersama dengan Badan...