TENTANG PROGRAM STUDI

S1 Farmasi

Berbagai perkembangan yang terjadi di tingkat nasional maupun global diantaranya meningkatnya kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang bermutu. Arus globalisasi yang sangat besar pengaruhnya terhadap penyelenggaraan pendidikan dan mutu lulusan, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat menuntut pendidikan tinggi farmasi Indonesia untuk melakukan perubahan yang sangat mendasar agar dapat menghadapi berbagai tantangan yang ada. Arus globalisasi yang memungkinkan mobilitas tenaga kesehatan antar negara dapat menjadi ancaman, namun juga merupakan peluang bagi tenaga kefarmasian kita untuk dapat berkiprah di tingkat nasional maupun di luar negeri.

Program Studi Farmasi (PSF) Fakultas Industri Halal UNU Yogyakarta berperan aktif dalam mencetak generasi Sarjana Farmasi dengan kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan kefarmasian. PSF UNU Yogyakarta telah menghasilkan lulusan yang telah berkarya di berbagai bidang kefarmasian seperti apotek, rumah sakit, klinik, maupun industri farmasi.

PSF UNU Yogyakarta didukung oleh staf pengajar yang berpengalaman serta adanya Fasilitas penunjang pembelajaran di PSF yang cukup memadai untuk mendukung keunggulan dalam bidang pelayanan kefarmasian serta laboratorium teknologi farmasi. Keunggulan spesifik yang ditanamkan kepada mahasiswa PSF UNU Yogyakarta adalah bidang pelayanan kefarmasian dan teknologi farmasi terutama industri farmasi baik memproduksi maupun melakukan penjaminan mutu dan kehalalan sediaan farmasi yaitu obat, obat tradisional serta kosmetika secara profesional, termasuk dalam hal pendistribusian obat.

Karir lulusan sarjana farmasi memiliki peluang untuk menempati bidang pekerjaan di berbagai sarana kefarmasian seperti apotek, rumah sakit dan puskesmas. Selain itu, lulusan sarjana farmasi juga dapat melaksanakan pengabdian dengan bekerja di lembaga pemerintahan (BPOM dan Dinas Kesehatan), berbagai jenis industri meliputi industri obat, makanan, jamu, obat herbal dan kosmetik, di lembaga penelitian, laboratorium klinis, laboratorium pengujian mutu, lembaga informasi obat, badan asuransi kesehatan serta dapat berkiprah di bidang pendidikan.

TENTANG LUARAN PEMBELAJARAN

Luaran Pembelajaran

  1. Mampu melakukan pendampingan pengobatan mandiri oleh pasien baik obat maupun obat tradisional, melakukan konseling, melakukan penelusuran, pembuatan media, dan penyampaian informasi perbekalan farmasi kepada masyarakat sesuai dengan panduan
  2. Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dalam menganalisis masalah pekerjaan kefarmasian, menyusun informasi, laporan, pemikiran, secara efektif mengkomunikasikannya dalam berbagai bentuk media kepada tenaga kesehatan lain dan masyarakat umum, serta mendokumentasikan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja bidang farmasi
  3. Mampu bertanggung jawab atas semua pekerjaan kefarmasian secara mandiri yang disupervisi apoteker sesuai peraturan perundang-undangan dan kode etik yang berlaku dan mengelola pembelajaran diri sendiri dalam upaya meningkatkan kemampuan pekerjaan teknis kefarmasian
  4. Mampu melakukan penyiapan obat yang diresepkan, serta melakukan persiapan dan proses sterilisasi alat kesehatan
  5. Mampu memformulasikan dan memproduksi sediaan farmasi termasuk sediaan obat tradisional sesuai standar yang berlaku
  6. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan di bidang farmasi serta mampu memanfaatkan sistem dan teknologi informasi untuk berbagai kebutuhan dalam melaksanakan pekerjaan kefarmasian
TENTANG PROSPEK KARIR

Prospek Karir

  1. Staf produk
  2. Manajer Apotik dan Fasilitas kesehatan tipe B
  3. Tenaga teknis kefarmasian
  4. Auditor dan Penyelia Halal
  5. Entrepreneur bidang Farmasi
  6. Tenaga pengajar di bidang Farmasi
  7. Peneliti di bidang Farmasi
  8. Regulatory affairs
TENTANG KISAH SUKSES

Kisah Sukses

AstraZeneca kita kenal merupakan salah satu vaksin yang banyak menyelamatkan nyawa manusia dari virus Covid-19. Penciptaan vaksin tersebut tidak lepas dari kecanggihan dan perkembangan dunia farmasi yang sangat cepat. 2 orang peneliti yang menjadi anggota tim penemu vaksin tersebut adalah warga negara Indonesia.
Dunia farmasi tidak hanya terkait dengan proses penciptaan vaksin namun juga inovasi lain. Kita kenal suatu perusahaan jamu ternama Sido Muncul. Para peneliti farmasi di perusahaan tersebut berhasil menemukan berbagai ramuan yang menyehatkan, salah satunya adalah produk Tolak Angin.

Prodi Manajemen Jalani Akreditasi bersama Lamemba
  • Editor UNU
  • 20 Mei 2024

Prodi Manajemen Jalani Akreditasi bersama Lamemba

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UNU Jogja bersama dengan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen...

UNU Jogja Sambut Kunjungan Balasan Dirjen Dikti
  • Editor UNU
  • 13 Mei 2024

UNU Jogja Sambut Kunjungan Balasan Dirjen Dikti

Tak menunggu lama, selang beberapa hari setelah kunjungan rombongan UNU Jogja di kantor...

Center for GEDSI UNU Jogja bersama Difapedia Bahas Transformasi Digital yang Inklusif Bagi Disabilitas
  • Editor UNU
  • 11 Mei 2024

Center for GEDSI UNU Jogja bersama Difapedia Bahas Transformasi Digital yang Inklusif Bagi Disabilitas

UNU Jogja melalui Center for GEDSI dan Prodi Studi Islam Interdisipliner (SII) bekerjasama...

Wejangan Gus Ketum dan Mensesneg untuk UNU Jogja
  • Editor UNU
  • 10 Mei 2024

Wejangan Gus Ketum dan Mensesneg untuk UNU Jogja

Dalam agenda ke Jakarta, pimpinan UNU Jogja bersilaturahmi dengan Ketua Umum PBNU KH....

“Maraton” 3 Hari di Jakarta demi Jajaki Kolaborasi
  • Editor UNU
  • 09 Mei 2024

“Maraton” 3 Hari di Jakarta demi Jajaki Kolaborasi

Selama tiga hari, 6-8 Mei, pimpinan UNU Jogja melakukan kunjungan kerja ke sejumlah...

UNU Jogja dan Indosat Sepakati Kerjasama
  • Editor UNU
  • 07 Mei 2024

UNU Jogja dan Indosat Sepakati Kerjasama

Pimpinan UNU Jogja melakukan kunjungan kerja ke kantor Indosat Ooredoo Hutchion (IOH) di...

DAFTAR PROFIL DOSEN

Profil Dosen

Berikut ini adalah daftar dosen Program Studi S1 Farmasi, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta.

LIHAT PROFIL DOSEN