UNU Jogja dan Indosat Mulai Jajaki Peluang Kerjasama

  • 20 Maret 2024
  • Editor UNU
  • Berita
UNU Jogja dan Indosat Mulai Jajaki  Peluang Kerjasama

Rektor UNU Jogja Widya Priyahita Pudjibudojo menerima kunjungan perwakilan Indosat Ooredoo Group dalam rangka silaturahmi dan sharing Edu Solution Product Indosat Ooredoo Group, Selasa (19/3). Selain Rektor, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Nafiatul Umami, dan jajaran pimpinan UNU Jogja juga hadir untuk menyambut rombongan yang terdiri dari SVP Head of B2B Regional Enterprise Account Sonata Suratman, AVP Head of Central Java Abid Nurrahman, Senior Account Manager Central Java Rosmah, beserta jajaran Indosat Ooredoo.

Dalam sambutannya, Rektor Widya Priyahita memperkenalkan profil UNU Jogja sebagai perguruan tinggi di bawah naungan organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU). Saat ini, UNU Jogja berfokus ingin mencetak professional unggul yang berorientasi pada masa depan. Widya juga menjelaskan konsep Industry Hub yang berada di lantai 2 Kampus Terpadu UNU Jogja.

Baca juga : Direktorat Akademik Gelar Workshop Akademik untuk Dosen

“Program unggulan kami adalah MBZ School for Future Studies yang sudah kick-off pada 31 Januari 2024 lalu dan kedepannya akan mengajarkan ilmu yang banyak digunakan di masa mendatang namun saat ini belum banyak dipelajari. Kami juga sedang mengembangkan School of Metallurgy yang bekerjasama dengan Tiongkok,” terang Widya.

SVP Head of B2B Regional Enterprise Account Sonata Suratman turut memperkenalkan Indosat Ooredoo, yang saat ini merupakan Perusahaan Telekomunikasi terbesar kedua setelah Telkomsel. Ia mengatakan bahwa subscriber aktif Indosat dapat diolah menjadi big data yang mendatangkan manfaat bagi UNU Jogja, termasuk untuk melakukan profiling kebutuhan publik dalam menggaet mahasiswa baru.

Baca juga : Bersiap Buka Kelas Bahasa Rusia, UNU Jogja Gelar Webinar

Diskusi dilanjutkan dengan materi transformasi digital yang disampaikan oleh AVP Head of Central Java Abid Nurrahman. Abid menjelaskan bahwa Indosat memiliki infrastruktur digital yang sangat baik untuk menunjang solusi digital, serta memiliki fleksibilitas dalam penyediaan layanan yang mendukung konsep one-stop service bagi mitra. Potensi Kolaborasi dengan UNU yang ditawarkan Indosat yaitu ICT Curriculum Join Develpoment (expertise lecturer, internship), Smart Campus Development (digital transformation in learning, collaborating, exercising, and innovation chain), Future Application Lab, serta Market Update melalui pembelajaran (seminar, webinar).

Lebih lanjut, Widya Priyahita melanjutkan bahwa UNU Yogyakarta memiliki tiga peran, yaitu UNU sebagai institusi pendidikan, UNU sebagai pintu masuk mengakses jaringan PTNU, dan UNU sebagai pintu masuk mengakses jaringan NU secara keseluruhan. Potensi kerja sama antara UNU Jogja dengan Indosat yaitu Sistem Digital Baru di gedung kampus baru UNU dengan konsep pendidikan berbasis digital yang dapat disediakan solusinya oleh Indosat. Selanjutnya, ada digitalisasi NU (layanan, data, dan lain-lain) yang memiliki potensi nilai investasi bisnis. Selain itu, terdapat potensi beasiswa coding, internship, expert lecture, market update, dan inkubasi bisnis (mentoring dan pembekalan start up). UNU juga bisa berkolaborasi bersama Indosat dan BSI untuk menggarap bersama kebutuhan pesantren yang masuk dalam jaringan NU melalui safari pesantren.

Sebagai upaya tindaklanjut, UNU Yogyakarta dan Indosat akan melanjutkan kerjasama melalui MoU Tridarma Perguruan Tinggi dan PKS. Acara kunjungan ditutup dengan campus tour, pemberian souvenir institusi, dan foto bersama.*

Berita Terkait

Didukung British Council, UNU Jogja-UWE Bristol Kembangkan Praktik Inklusif di Kampus
  • Editor UNU
  • 03 April 2024

Didukung British Council, UNU Jogja-UWE Bristol Kembangkan Praktik Inklusif di Kampus

UNU Jogja melalui Center for GEDSI bekerja sama dengan University of The West...

Dosen UNU Jogja Terpilih dalam Program Praktisi Mengajar Batch 4
  • Editor UNU
  • 01 April 2024

Dosen UNU Jogja Terpilih dalam Program Praktisi Mengajar Batch 4

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Adhan Kholis, terpilih untuk mengajar di...

UNU Jogja dan PT QMB New Energy Materials Siap Jalin Kerjasama
  • Editor UNU
  • 28 Maret 2024

UNU Jogja dan PT QMB New Energy Materials Siap Jalin Kerjasama

UNU Jogja menyambut kunjungan Deputy Director at PT QMB New Energy Materials Ellin...