Gelar Agribisnis Expo 23, Mahasiswa Pamerkan Puluhan Karya Inovatif

  • 05 Juli 2024
  • Editor UNU
  • Berita
Gelar Agribisnis Expo 23, Mahasiswa Pamerkan Puluhan Karya Inovatif

Progam Studi Agribisnis Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta sukses mengadakan Agribisnis Expo 23 sebagai ajang inovasi produk mahasiswa dengan tema “Inovasi Kreatif bersama Agripreneur” di Amphiteater lantai II, Kamis (4/7).

Dosen pembimbing Mata Kuliah Agroentrepreneur sekaligus Ketua Program Studi Agribisnis UNU Jogja Nur Sauda mengatakan agenda ini merupakan project bagi mahasiswa angkatan 2023.

“Event Agribisnis Expo merupakan salah satu project akhir dari Mata Kuliah Agroentrepreneur yang mulai dipelajari oleh mahasiswa pada semester II. Mulai awal semester, mahasiswa belajar tentang ideasi bisnis, merancang bisnis model canvas, inovasi produk dan kemasan, hingga belajar prototyping produk. Hasil prototype produk inilah yang di-launching dan siap dipasarkan saat event Agribisnis Expo,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, dosen pembimbing Mata Kuliah Tanaman Pangan Fungsional Nurlina prodi Agribisnis berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk lebih inovatif dalam menghasilkan produk berbahan dasar bahan pangan yang bisa diadopsi oleh masyarakat lebih luas.

“Sehingga kebermanfaatan dari produk yang dihasilkan oleh mahasiswa bisa dirasakan juga masyarakat lebih luas,” pungkasnya.

Acara pembukaan Agribisnis Expo 23 dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Transformasi Kelembagaan dan Sumber Daya Brian Kustantoro Edityanto. Dalam sambutannya, ia memotivasi mahasiswa untuk terus berkarya dan melepas rasa takut pada kegagalan.

Baca juga : Gelar Kuliah Umum, Rektor Beri Arahan Peta Karir kepada Mahasiswa UNU Jogja

Agenda Agribisnis Expo ini memamerkan 29 produk inovasi yang siap dijual dan dikompetisikan untuk meraih juara 1, 2 dan 3 dengan hadiah sejumlah uang tunai. Selain itu, agenda ini turut dimeriahkan oleh penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik Florence milik UNU Yogyakarta.

Pengunjung dari civitas UNU Yogyakarta, mahasiswa, dan masyarakat tampak antusias mengunjungi stand produk mahasiswa. Di acara ini banyak inovasi mahasiswa prodi Agribisnis Mata Kuliah Agroentrepreneur yang menarik dan unik disajikan, seperti minuman teh daun mangga “Teh Damang”, olahan teh dari buah tin “Teanin Variant”, dan minuman herbal “Jamu Sarujuk”.

Baca juga : UNU Jogja dan ICCCM Teken Kerjasama

Selain itu, juga disajikan olahan jajanan kue dan biskuit “Sorgum”, abon pepaya “Katesan”, pisang nugget “Lumer”, stik “Moringa Healthy Food” dari daun kelor, dan beberapa produk selain makanan seperti pupuk cangkang telur, crystaly coffee, dan produk teknologi tepat guna Lamp Tramp Insect.

Tidak ketinggalan pula mahasiswa prodi Agribisnis Mata Kuliah Tanaman Pangan Fungsional menyajikan “Tempe Bregas” dengan bahan dasar kacangkedelai yang diberi baluran jahe dan bubuk cokelat, “Susu Jagung Manis” dengan bahan dasar jagung, “Herbal Haven” berbahan dasar rempah dengan topping boba ubi ungu, “Mibiu” dengan bahan dasar ubi ungu, “Ketela Spicy Syrup” dengan bahan dasar gula ketela dan rempah, “Energi Bites Potatoes” dengan bahan dasar gandum utuh dan ubi ungu, “Pudakel” dengan bahan dasar daun kelor, dan “Tusam Priz Soda” dengan bahan dasar daun pinus.

Para mahasiswa peserta Agribisnis Expo 23 sangat antusias mengikuti agenda ini. Mereka berharap kemampuan mereka dalam menghasilkan prodak semakin berkembang.

Baca juga : Bersama Huawei dan Stechoq, UNU Jogja Salurkan Daging Kurban di Wilayah DIY

“Acara ini cukup meriah dalam agenda mengisi mata kuliah. Cukup menyenangkan, asyik. Harapan ke depannya agar mahasiswa bisa lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam mengasah kemampuan untuk menghasilkan ide, produk, dan sesuatu yang baru,” kata Ahmad Wantoro, salah satu peserta expo. [Latifah]

***UNU Jogja membuka pendaftaran mahasiswa baru Tahun Ajaran 2024/2025. Dapatkan info selengkapnya di pmb.unu-jogja.ac.id

Berita Terkait

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Prodi Informatika Jalani Asesmen Lapangan
  • Editor UNU
  • 15 Juli 2024

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Prodi Informatika Jalani Asesmen Lapangan

Program Studi Informatika menggelar proses Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi oleh Lembaga Akreditasi...

Santri Muda Mendunia, Stafsus Rektor UNU Jogja Terima Anugerah Insan Pancasila
  • Editor UNU
  • 12 Juli 2024

Santri Muda Mendunia, Stafsus Rektor UNU Jogja Terima Anugerah Insan Pancasila

Staf Khusus Rektor UNU Jogja, Nabil Satria Faradis, terpilih sebagai salah satu penerima...

Mahasiswa SII UNU Jogja Kaji Desentralisasi Kuasa Agama dalam Kuliah Umum Bersama Prof Muhammad Ali
  • Editor UNU
  • 11 Juli 2024

Mahasiswa SII UNU Jogja Kaji Desentralisasi Kuasa Agama dalam Kuliah Umum Bersama Prof Muhammad Ali

Mahasiswa program studi Studi Islam Interdisipliner (SII) mengikuti kuliah bersama dengan Direktur Program...