Cerita Mahasiswa Agribisnis Ikuti Launching Wirausaha Merdeka

  • 29 Agustus 2023
  • Editor UNU
  • Berita
Cerita Mahasiswa Agribisnis Ikuti Launching Wirausaha Merdeka

Kami, enam mahasiswa Prodi Agribisnis UNU Jogja, lolos dalam program Wirausaha Merdeka Kemendikbud (WMK) yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka. Program ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri sebagai calon wirausaha.

Program WMK berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan dan meningkatkan kemampuan daya kerja mahasiswa.

Baca juga : Mahasiswa UNU Jogja Raih Prestasi di Sejumlah Lomba

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu pelaksana program WMK 2023 yang bertema “Be Innovative Enterpreneur”. Kami pun mengikuti grand launching program ini di kampus UGM, Jumat (18/8).

Pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu 76 persen dari Pulau Jawa, Sumatera 15 persen, dan 9 persen dari Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Kami, mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Industri Halal UNU Jogja, antara lain Alfidayanti Nur Husnina, Sugianto, Ahmad U’baidillah, Aufa Shofiyullah Al Aziz, Rahma Anisa, dan Ahmad Muqtafi Alamal- Huda.

Baca juga : Mahasiswa Prodi Informatika dan PGSD Gelar Pameran Karya ‘Jogja Tetap Istimewa’

Kami bagian dari 14 mahasiswa Prodi Agribisnis yang lolos dalam seleksi program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Selain kami lewat WMK, teman-teman terpilih di jalur lain seperti Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), studi independen, dan pertukaran mahasiswa.

Pada awal WMK, kami mengikuti outbound untuk membangun keakraban dan solidaritas, serta memiliki social capital. Selanjutnya ada kegiatan pre- immersion yang mendatangkan narasumber akademisi dan praktisi yang menyampaikan materi socialpreneurship di bidang ekonomi sirkular, jiwa kewirausahaan dan kepemimpinan, serta creative thinking.

Baca juga : HIMA PGSD Gelar Workshop Cerpen untuk Cegah Bullying

Melalui penyampaian materi ini, kami diharapkan memunculkan ide kreatif dalam berbagai masalah yang tengah menjadi perhatian, seperti stunting dan sampah yang kini menjadi masalah krusial di Yogyakarta. Selain itu, juga agar lahir solusi untuk bidang-bidang lain, seperti kesehatan, energi terbarukan, humaniora, budaya, jasa, dan industri kreatif.

Kami senang dan bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini karena mendapat kesempatan dan pengalaman luar biasa yang mampu membawa kami ke masa depan yang lebih baik. Kami bergabung di program WMK UGM dengan tujuan belajar, menggali ilmu, mendapat relasi, dan mengembangkan kemampuan wirausaha.

Baca juga : Magang di Perusahaan Robot, Mahasiswa Mengajar ke Sesama Mahasiswa

Dengan program ini, kami berharap bisa mengubah mindset dan mulai menerapkan ilmu wirausaha yang kami dapatkan untuk mengembangkan suatu bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun kalimat yang kami selalu pikirkan dan telaah setelah mengikuti program ini adalah bahwa dalam wirausaha itu harus berani mengambil risiko. Kami sangat gembira menjadi bagian dari WMK UGM. Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan untuk bisa diterapkan saat ini untuk masa depan Indonesia Emas. (Penulis: Alfidayanti dan Sugiyanto, mahasiswa Agribisnis)

Berita Terkait

Saling Jaga Nahdliyin, Program UNU Jogja dan Kitabisa.com Siap Rilis
  • Editor UNU
  • 22 Februari 2024

Saling Jaga Nahdliyin, Program UNU Jogja dan Kitabisa.com Siap Rilis

UNU Jogja terus melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional...

Prodi Akuntansi Gelar Akreditasi Lapangan, Asesor : Kami Terkesan dengan Sambutannya
  • Editor UNU
  • 22 Februari 2024

Prodi Akuntansi Gelar Akreditasi Lapangan, Asesor : Kami Terkesan dengan Sambutannya

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi menerima kunjungan kerja Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen...

Ponpes UNU Jogja Gelar Ziarah Muassis Nahdlatul Ulama
  • Editor UNU
  • 19 Februari 2024

Ponpes UNU Jogja Gelar Ziarah Muassis Nahdlatul Ulama

Ziarah merupakan salah satu agenda relegi yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Selain...