BPIP – UNU Yogyakarta Berkomitmen Membumikan Pancasila untuk Generasi Muda

  • 18 April 2023
  • Editor UNU
  • Berita
BPIP – UNU Yogyakarta Berkomitmen Membumikan Pancasila untuk Generasi Muda

Yogyakarta, 17 April 2023 – Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan acara “Ngabuburit Kebangsaan” di Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, Dowangan, Banyuraden, Sleman, DIY, Senin (17/4/2023).

Acara bertema “Gagasan dan Ekspresi Pancasila di Kalangan Milenial dan Gen-Z” ini merupakan wujud komitmen UNU Yogyakarta dan BPIP untuk terus menjaga relevansi nilai-nilai Pancasila di kalangan pemuda-pemudi Indonesia.

Rektor UNU Yogyakarta widya Priyahita Pudjibudojo menjelaskan Ngabuburit Kebangsaan menjadi agenda kolaborasi rutin tahunan antara BPIP dan UNU Yogyakarta yang kali ini merupakan gelaran kedua. “Tujuannya jelas ingin mensosialisasikan nilai-nilai pancasila. Istimewanya di tahun kedua ini kami mulai fokus pada anak muda dan ingin membumikan nilai Pancasila pada generasi milenial dan gen Z,” kata Widya.

Diskusi ini dilatari situasi era disrupsi saat ini yang mengubah pola kehidupan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama di kalangan anak muda. Beragam disrupsi yang hadir di masyarakat, antara lain kemajuan teknologi yang pesat, adanya perubahan demografi penduduk, hingga ancaman pandemi.

Untuk itu, di tengah situasi era disrupsi tersebut, upaya pembinaan ideologi Pancasila perlu dilakukan secara masif dan berkelanjutan, termasuk melalui sosialisasi dan forum diskusi terbuka untuk memahami pemahaman pemuda pemudi Indonesia terhadap relevansi nilai-nilai Pancasila.

Secara khusus, “Ngabuburit Kebangsaan” mengundang guru-guru Bimbingan Konseling dan/atau PPKN SMA/SMK/MA di wilayah Yogyakarta. Harapannya, hal ini memberikan pemahaman kepada guru-guru dan membuka ruang dialog untuk lebih memahami tantangan-tantangan yang dihadapi oleh anak muda Indonesia.

“Ngabuburit Kebangsaan” diisi sejumlah agenda, antara lain Pidato Kunci oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi; pemaparan materi  dari Founder dan CEO Alvara Research Institute, Hasanuddin Ali, soal karakter dan isu-isu kunci yang dihadapi gen-Z dan milenial Indonesia saat ini; serta Forum Diskusi Interaktif yang  menghadirkan pemuda-pemudi Indonesia lintas bidang untuk berdiskusi tentang relevansi dan ekspresi nilai-nilai Pancasila di kalangan anak muda.  

Para narasumber diskusi ini adalah Koordinator Seknas Jariangan Gusdurian Jay Akhmad; Founder Gifood Fathin Naufal Nur Islam; praktisi dan peneliti seni Fatia Nurilmi Magistra; CEO Banoo Azellia Alma Shafira; dan Project Officer Sasana Inklusi & Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia, Sri Muliyati.[]

                                                                        ***

Dalam kesempatan ini, UNU Yogyakarta juga meluncurkan Pusat Studi (SATU) PANCASILA UNU Yogyakarta.  Berbeda dari berbagai Pusat Studi Pancasila di kampus-kampus lain, SATU PANCASILA akan fokus dalam membumikan nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda.

Dengan menggarap generasi muda, SATU PANCASILA akan tampil beda khas anak muda yang berani, fresh, kreatif, full of energy, energetic, fun, casual, colorful, optimis, dan up to date. “SATU PANCASILA Ingin menyatukan energi anak-anak muda untuk berkarya dan berkontribusi bagi bangsa,” kata Rektor Widya. []

Berita Terkait

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Prodi Informatika Jalani Asesmen Lapangan
  • Editor UNU
  • 15 Juli 2024

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Prodi Informatika Jalani Asesmen Lapangan

Program Studi Informatika menggelar proses Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi oleh Lembaga Akreditasi...

Santri Muda Mendunia, Stafsus Rektor UNU Jogja Terima Anugerah Insan Pancasila
  • Editor UNU
  • 12 Juli 2024

Santri Muda Mendunia, Stafsus Rektor UNU Jogja Terima Anugerah Insan Pancasila

Staf Khusus Rektor UNU Jogja, Nabil Satria Faradis, terpilih sebagai salah satu penerima...

Mahasiswa SII UNU Jogja Kaji Desentralisasi Kuasa Agama dalam Kuliah Umum Bersama Prof Muhammad Ali
  • Editor UNU
  • 11 Juli 2024

Mahasiswa SII UNU Jogja Kaji Desentralisasi Kuasa Agama dalam Kuliah Umum Bersama Prof Muhammad Ali

Mahasiswa program studi Studi Islam Interdisipliner (SII) mengikuti kuliah bersama dengan Direktur Program...